Minggu, 26 Juli 2015

Kreasi Dengan Paint Tool Sai



Paint Tool Sai adalah sebuah software animasi yang sangat mudah untuk dipelajari. Beberapa hari ini, aku sudah membuktikannya. Sejak diberi  tahu oleh sahabatku di Facebook Suhu Dony, aku langsung mencari software ini dan langsung mendownloadnya. Pertama menggunakannya sih puyeng juga. Maklum baru semingguan ini, aku paham betul tentang toolnya.

Ternyata nggak begitu sulit untuk mempraktekkannya. Kuncinya memang harus sabar, banyak membaca dan prakteknya yang penting. Ada beberapa kendala yang kutemui dalam mengaplikasikan software ini untuk beberapa hari. Pasalnya ya itu, apa yang aku pengen nggak bisa sempurna seperti yang ada di tutorial yang pernah aku baca. Jadinya ya hanya mengendap begitu saja. Ada yang failed juga dan kubiarkan terbengkalai.

Mungkin karena si pembuat tutorial ini tidak menjelaskan satu persatu dalam setiap postingannya. Hanya gambar yang harus kita perhatikan secara teliti. Salah satu aja, ya bisa nggak jadi. Seperti penggunaan Magic Wan misalnya. Aku beberapa kali nggak ngerti kenapa sewaktu menyeleksi seluruh gambar biru semua. Kata yang membuat tutorial sih bilang kalau pas di lineworknya ada yang bolong alias kurang linenya. Tapi tidak begitu kenyataannya. Karena kesalahan terjadi pada layar yang kita pilih salah.

Seharusnya, saat kita memakai Magic Wan, kita harus memastikan kursor berada pada Linework dulu. Setelah itu, baru deh kita menggunakannya Magic Wan-nya. Untuk kekurangan penyeleksiannya, bisa klik CTRL lalu seleksi deh. Dan baru kita pindah ke layar baru yang telah kita buat (misalkan layar mata) untuk penggantian warna.

Contoh bisa dilihat di bawah ini.

Hasil saat aku memilih Layer Mata

Klik Layer Linework Dulu Lalu Pilih Magic Wan



Hasil Setelah Terseleksi




Tara.................... Dan Jadilah


Dan ini juga beberapa yang telah aku buat sendiri, hihihi walau belum sebagus mereka sih. Yang jelas ingin banyak lagi berlatih dan membaca. Karena hanya dengan hal tersebut, kita bisa.



Kelar Semalam

Baru Buat Hari Ini

Ini Pas Pertama Kali Buat mata.....


Kayau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

SEMUA TENTANG MAS KER